Sumber daya manusia merupakan
elemen utama organisasi dibandingkan dengan elemen lain seperti modal,
teknologi, dan uang sebab manusia itu sendiri yang mengendalikan yang lain.
Membicarakan sumberdaya manusia tidak terlepas dari kegiatan-kegiatan atau
proses manajemen lainnya seperti strategi perencanaan, pengembangan manajemen
dan pengembangan organisasi. Keterkaitan antara aspek-aspek manajemen itu
sangat erat sekali sehingga sulit bagi kita untuk menghindari dari pembicaraan
secara terpisah satu dengan lainnya.
Sepanjang tahun 2005,
BCA memfokuskan dirinya pada program pengembangan sumber daya manusia (SDM)
untuk membangun kompetensi individu dan organisasi, guna menunjang Bank dalam
mengembangkan kemampuan yang lebih baik dalam bisnis kredit dan perbankan
transaksional. Kegiatan tersebut mencakup program pelatihan, pengembangan
karir, serta revitalisasi organisasi. Seiring ekspansi yang sangat cepat di
bisnis penyaluran kredit, mencakup segmen perbankan konsumer, komersial dan UKM,
serta korporasi, BCA secara aktif merekrut kader-kader berbakat untuk posisi
pemasaran kredit, analisa kredit dan pengelolaan risiko. Saat ini, karyawan
yang bekerja di bidang pengelolaan risiko dan pemasaran kredit masing-masing
berjumlah 341 dan 1.082 orang. Secara keseluruhan, sampai dengan akhir tahun
2005, BCA (tidak termasuk anak perusahaan) mempekerjakan 20.748 orang di
seluruh unit operasinya.
Untuk mendukung
pertumbuhan bisnis yang cepat, BCA melalui Divisi Pelatihan dan Pengembangan
telah melaksanakan lebih dari 101.000 hari pelatihan bagi para karyawan BCA.
Pelatihan yang dilakukan di tahun 2005 mencapai 4,87 hari pelatihan untuk
setiap karyawan. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari rata-rata sebelumnya
yaitu 4,11 hari pelatihan per karyawan pada tahun 2004. Secara umum, program
pelatihan diklasifkasikan dalam dua jenis program yaitu: Program Pelatihan Inti
dan Program Pelatihan Profesional. Program Pelatihan Inti merupakan program
pembelajaran berkesinambungan yang disusun untuk mengembangkan kompetensi di
bidang Analisa Kredit, Pengelolaan Risiko, Pemasaran dan Manajemen Umum.
Sebagai bagian dari program pengembangan karir, karyawan Bank diharuskan
mengikuti Program Pelatihan Inti sesuai tingkat tanggung jawabnya. Sedangkan
Program Pelatihan Profesional menyediakan program pelatihan dan sertifkasi bagi
fungsi-fungsi tertentu, seperti Teller dan Account Offcer, serta topik
pelatihan tertentu seperti Service Excellence, Teamwork, dan Teknologi
Informasi. Pada tahun 2005, BCA meluncurkan program sertifkasi baru bagi
Account Offcer, sedangkan program sertifkasi untuk Teller telah dimulai sejak
tahun 2003. Melalui program sertifkasi ini, BCA secara konsisten terus
menyediakan kualitas layanan yang terbaik bagi para nasabah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar